Menemukan Kombinasi Warna Untuk Blog Fotografi Ternyata Sulit Sekali

Sulit Ternyata Mencari Kombinasi Warna Untuk Blog Fotografi
Pertigaan Simpang Yasmin, Bogor, April 2021

Ganti terus.

Mungkin bagi para pembaca setia Maniak Potret merasa bingung dengan blog ini. Entah sudah berapa kali warna dan tampilannya berubah terus. Mulai dari warna yang ngejreng abis, sampai yang gelap, sekelam hati yang sedang patah hati, semua pernah dicoba blog ini.

Sayangnya, tidak ada yang bertahan lama. Sebulan dua bulan, bahkan ada yang hanya 3 hari, kombinasinya kembali diubah.

Semua hal itu jelas bukan salah blognya, tetapi salah bloggernya, yaitu saya. Saya memang mengalami kesulitan untuk menemukan kombinasi warna yang sesuai untuk blog ini. Bahkan, setelah bongkar pasang warna dan layout template website ini, selalu ada rasa tidak nyaman di hati.

Keinginan saya adalah agar blog Maniak Potret, selain juga berisi tulisan, juga bisa menjadi ruang pamer bagi karya foto buatan saya. Untuk itu kombinasi warna dan layout website yang diperlukan harus juga bisa “membantu”.

Masalah yang dihadapi adalah

  • memakai warna cerah/ngejreng adalah sesuatu yang menarik dan mengundang perhatian, sayangnya, warna yang ngejreng juga cenderung mengalihkan perhatian pembaca dari kontennya, tulisan dan foto
  • memakai warna gelap dan kusam, cenderung menghadirkan nuansa kelam, yang sering akhirnya kurang bisa ngeblend dengan baik dengan foto yang umumnya banyak warna

Tidak mudah menemukan titik kompromi tersebut. Berbagai kombinasi warna beserta tampilan yang sudah dicoba, tetap saja pada akhirnya menghadirkan rasa gatal dan tidak nyaman saat melihat kembali.

Sampai, sore ini saya memutuskan untuk memakai warna default saja. Putih dan abu-abu muda. Bukan warna spesial, cenderung netral dan monoton, tetapi mungkin memang ini kombinasi warna terbaik untuk sebuah blog bertema fotografi.

Setidaknya, untuk sore ini, saya memang merasa agak nyaman melihat Maniak Potret. Semua bagian terlihat lebih sesuai.

Mudah-mudahan saja terus terasa begini karena bukan tidak mungkin gonta-ganti warna ini disebabkan karena bloggernya yang bosenan saja. Sesuatu yang memang sangat besar kemungkinannya.

2 thoughts on “Menemukan Kombinasi Warna Untuk Blog Fotografi Ternyata Sulit Sekali”

  1. Kalau saya lebih nyaman membaca blog dengan background putih atau dark mode sekalian. Agak pusing kalau warnanya terlalu meriah.. Hehehehe.. Hasil fotonya bagus2, Mas..

    • Sama.. saya juga lebih suka yang normal saja, putih dan hitam lah..

      Makasih makasih sudah berkunjung ke gubuk sayah

Comments are closed.