Manfaat Belajar Komunikasi Bagi Seorang Fotografer atau Penghobi Fotografi

Manfaat Belajar Komunikasi Bagi Seorang Fotografer atau Penghobi Fotograf
Jalan Soleh Iskandar, simpang tol BORR, 2022

Pernah terlintas dalam benak Anda, mengapa seorang fotografer harus belajar komunikasi dan jangan hanya terfokus pada urusan mengatur setting kamera, pose, pencahayaan, dan sejenisnya?

Kalau belum, maka alasannya pada sebuah fakta bahwa dalam melakukan tugas atau kegiatannya, seorang fotografer pasti harus berinteraksi dengan orang lain, baik model, pelanggan, atau anggota tim lainnya.

Oleh karena itu, tanpa kemampuan berkomunikasi yang baik, maka tugasnya tidak akan bisa dijalankan dengan baik.

Silakan saja bayangkan

  • seorang fotografer, kalau bertujuan untuk menghasilkan uang, tentu harus bisa mempromosikan dirinya dan semua itu tidak bisa dilakukan kalau ia melupakan untuk belajar komunikasi (bisnis)
  • seorang fotografer , terutama di bidang modeling, pasti punya ide yang harus diwujudkan orang lain (model). Bagaimana bisa ide itu dipahami dan dimengerti dengan baik oleh sang model, kalau tidak disampaikan dengan cara yang tepat
  • Ingin mencoba memotret model, tetapi tidak ada model yang tersedia? Bukan sebuah masalah jika kemampuan komunikasinya baik, ia bisa menyampaikan niat dan idenya kepada siapapun yang ada ditemui dan memintanya untuk bersedia menjadi model
  • untuk membuat sebuah foto terkadang diperlukan informasi dan pengetahuan tentang kehidupan di sebuah lokasi dan semua itu hanya bisa didapat jika fotografernya mau mencoba menggali. Semua itu hanya bisa dilakukan jika ia mampu berkomunikasi dengan baik
  • Negosiasi dengan pengguna jasa adalah hal yang pasti akan terjadi ketika fotografi menjadi sebuah bisnis. Lalu, bisakah kita mendapatkan harga yang kita kehendaki ketika skill komunikasi kita buruk?

Itu hanya sebagian dari aktivitas seorang fotografer dalam kehidupan sehari-hari.

Intinya tetap pada kenyataan bahwa seorang fotografer adalah tetap manusia dan dalam menjalankan tugasnya, ia tidak akan bisa lepas dari manusia lainnya.

Untuk itu, seorang fotografer bukan hanya harus terus belajar tentang bagaimana menghasilkan foto yang bagus, tetapi ia harus juga belajar dan berlatih bagaimana berkomunikasi dengan baik.

2 thoughts on “Manfaat Belajar Komunikasi Bagi Seorang Fotografer atau Penghobi Fotografi”

Comments are closed.