Tips Mencari Obyek Saat Nyetrit : Temukan Warna di Jalanan

Tips Mencari Obyek Saat Nyetrit - Temukan Warna di Jalanan

Susah-susah gampang sih sebenarnya, tetapi bagi yang belum terbiasa rasanya sulit sekali untuk mencari obyek saat nyetrit di jalanan. Biasanya disebabkan karena begitu banyak hal yang terlihat menarik, sehingga sulit untuk memilah dan menentukan mana yang harus dibidik oleh kamera.

Hal itu memang umum dirasakan oleh para penggelut fotografi jalanan saat melakukan hunting foto. Bukan hanya pemula saja, bahkan yang sudah sering melakukannya pun tetap sering menghadapi situasi seperti ini.

Namun, sebenarnya ada satu (dari beberapa cara) yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi obyek. Cara ini biasa saya pergunakan untuk menemukan “buruan” kemana lensa harus diarahkan.

Cara itu adalah dengan “menemukan warna”. Perlu diingat bahwa warna dibuat salah satunya untuk memancing ketertarikan orang terhadap sesuatu. Jadi, hal ini bisa dimanfaatkan juga untuk membuat sebuah foto yang menarik.

Dengan sedikit kejelian, kita akan bisa menemukan obyek yang menarik dengan melandaskan pencarian pada “warna”.

Warna seperti apa yang dicari? Terserah Anda karena bagaimanapun selera warna tiap orang berbeda-beda.

Sebagai dasar, mungkin ada beberapa hal terkait warna yang bisa dijadikan sebagai landasan untuk berburu obyek, seperti

  • warna cerah/aktif seperti merah, kuning, hijau terang cenderung akan menarik perhatian
  • kontras warna antara latar belakang dan obyeknya bisa menghasilkan perpaduan yang bagus dalam foto
Mau Menggunakan Mode Manual, Coba Dulu 3 Fitur Ini
  • warna terang berpadu dengan warna gelap akan menampilkan kontras warna yang menarik
  • warna yang sama dan seragam bisa menghasilkan keunikan tersendiri

Hal itu seharusnya tidak sulit karena di jalanan pasti banyak warna. Yang diperlukan hanya sedikit kemauan untuk mengamati dan memperhatikan sekeliling.

Kalau saya diminta untuk memberikan tips mencari obyek di jalanan, pesan saya yang pertama adalah “Cari warna”. Bagaimanapun warna adalah dasar dari seni lukis dan definisi fotografi ada “seni melukis dengan medium cahaya (kamera)”.

Niat Membeli Kamera Full Frame

Coba saja kalau tidak percaya. Pasti Anda akan menemukan bahwa mencari obyek di jalanan itu tidaklah sulit dengan menemukan warna yang sesuai selera.

Apalagi di jaman sekarang dimana pemerintah banyak kota sudah merenovasi banyak tempat menjadi penuh warna. Silakan manfaatkan.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Comment