Memotret di Stasiun Itu Menyenangkan, Cuma Pak Satpamnya Itu Lho

Memotret di Stasiun Itu Menyenangkan, Cuma Pak Satpamnya Itu Lho
Stasiun Bogor 2017

Sebagai seorang penggemar fotografi jalanan, stasiun kereta api adalah salah satu tempat yang paling menjanjikan. Disana tersedia banyak obyek berupa orang lalu lalang, bentuk-bentuk simetris yang membentuk leading line, dan tentunya beberapa stasiun memiliki gaya arsitektur kuno yang sangat bagus dijadikan latar belakang.

Jadi, memotret di stasiun itu menyenangkan.

Sayangnya ada satu hal yang tidak menyenangkan. Pak Satpamnya itu lo..Nggak nahan.

Pak satpam, yang sekarang namanya PKD (Petugas Keamanan Dalam) sering memperlihatkan wajah curiga, terutama kalau kita membawa kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex). Pandangannya kerap membuat tidak nyaman. Tidak jarang pula dilanjutkan dengan pertanyaan apakah sudah ada izin atau belum untuk memotret di stasiun.

Sebelumnya bahkan memotret dengan kamera smartphone pun juga dilarang, tetapi perkembangan kemajuan teknologi pada akhirnya membuat aturan memotret dilonggarkan.

Cukup bisa dimengerti kalau meeka hanya melaksanakan tugas yang diberikan atasan. Atasannya juga hanya menjalankan perintah karena bagaimanapun tugas semuanya untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang kereta. Dan, fotografer yang mengambil foto seenaknya, bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada penumpang dan mungkin menghadirkan gangguan. Belum lagi kalau ada yang memotret demi keperluan komersial yang berarti masuk dalam wilayah bisnis.

Maklum, seribu kali maklum.

Hanya, sayang saja. Kehadiran fotografer sebenarnya bisa membantu memperkenalkan perkeretaapian Indonesia yang semakin hari semakin membaik dan bahkan menjadi sarana transportasi populer. Foto-foto yang dihasilkan bisa memberikan info pada masyarakat yang belum pernah mempergunakan jasa transportasi ini.

Meskipun demikian, mudah-mudahan ke depannya, pengelola kereta Indonesia bisa lebih luwes dalam hal ini. Bagaimanapun, perkembangan zaman membuat fotografi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Itulah mengapa ada rasa senang juga ketika tahun lalu ada lomba foto Kereta Commuter yang diadakan PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek). Sebuah pertanda bahwa pihak kereta api Indonesia mulai merangkul dan setidaknya tidak alergi lagi terhadap yang namanya fotografi dan fotografer.

Agak repot juga untuk ikut serta karena juga harus meminta izin secara online. Itupun pada saat beraksi mengambil foto, pak PKD-nya tetap bertanya apakah sudah mendapat izin. Untungnya saat itu sudah melapor kepada kepala stasiun/PPKA, jadi bisa terus berlanjut, walau ada 2-3 orang petugas lagi yang mengajukan pertanyaan yang sama.

Rupanya alergi terhadap fotografer agak susah dihilangkan.

Memotret di Stasiun Itu Menyenangkan, Cuma Pak Satpamnya Itu Lho
Stasiun Bogor 2017

Oleh karena itu agak senang juga ketika di layar informasi dalam Commuter Line, ada sebuah lomba foto yang dinamakan #POTD (Photo of the day) yang disponsori LINIKINI. Temanya mengenai berbagai hal yang terjadi di stasiun.

Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini, alergi terhadap para fotografer bisa berkurang lebih jauh.

Semoga saja.