Mengatur Terang atau Gelap Pada Kamera Android (Smartphone)

Kamera smartphone adalah andalan banyak orang untuk mengabadikan berbagai momen dalam kehidupan. Perayaan ulang tahun anak, momen bahagia bersama keluarga, dan berbagai momen lainnya.

Kamera jenis ini sangat praktis digunakan. Terlebih kebanyakan orang yang menggunakannya memang membutuhkan hal itu saja dan bukan berbagai tehnis yang rumit. Seringnya pun digunakan dengan menggunakan mode auto yang menjamin hasilnya akan cukup enak dilihat.

Sayangnya dalam beberapa situasi pemakaian mode auto menghasilkan foto-foto yang entah terlalu gelap atau terlalu terang. Padahal sebuah foto dengan pencahayaan seperti itu kurang begitu enak untuk dilihat.

Untuk itu sebenarnya sudah disediakan fitur khusus untuk mengatur terang dan gelap sebuah foto. Fiturnya sangat sederhana dan tidak memerlukan skill tertentu.

Namanya Fitur Expossure.

Biasanya fitur ini tersembunyi di balik menu Pro atau Manual yang ada di kamera smartphone. Karena terlalu seringnya orang menggunakan mode auto, fitur ini jarang digunakan.

Bila Anda ingin menggunakannya maka Anda harus keluar dari mode auto dan masuk ke menu manual. Langkahnya bisa diikuti di bawah ini.

1. Masuk ke menu kamera

2. Aktifkan mode Manual atau Pro di smartphone

Silakan lihat menu kamera yang ada di Samsung Galaxy Tab A7 di bawah sebagai contoh.

2. Fitur Exposure atau lambangnya akan muncul di layar kamera

3. Atur sesuai kemauan, (+) artinya semakin terang (-) artinya semakin gelap

Contoh seperti di bawah ini

Hasil (+2)

Hasil (-2)



4. Tekan tombol shutter (lambang kamera) 



5. Selesai



Memang sederhana. Tetapi, fitur exposure ini sangat bermanfaat untuk membuat foto menjadi terang atau gelap.

 Semoga bermanfaat.