Tips : Memberi Ruang di Depan Mata Yang Memandang

Memberi Ruang di Depan Mata Yang Memandang

Judul yang dipakai kali ini bukanlah kutipan dari puisi. Judulnya karena memang merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan para fotografer saat memotret dengan model (manusia/hewan).

Salah satu hal kecil, tetapi tetap selalu dilakukan adalah memberi ruang di depan mata yang sedang memandang. Kira-kira seperti foto di atas.

Kenapa hal ini dilakukan? Intinya karena terkesan lebih estetis . Juga, seringkali dipergunakan untuk membangkitkan rasa penasaran dalam diri yang melihat dan membangkitkan rasa penasaran, “Sedang melihat apa sih si obyek?” yang tentunya menambah daya tarik sebuah foto.

Kalau bidang foto dipepetkan ke dekat mata, kesan yang hadir adalah, si obyek dalam foto sedang melihat “tembok” dan pada akhirnya fotonya kurang enak dilihat.

Seberapa jauh bidang kosong yang harus disediakan? Tergantung selera saja sih sebenarnya kalau yang satu ini. Tetapi, saya suka mengikuti “Rule of Thirds” jadi setidaknya 1/2 bidang foto akan tersisa di depan mata.

Baca juga :

Coba saja sendiri kalau tidak percaya. Buat 2 foto orang memandang, satu dimana posisi akhir bidang foto dekat dengan mata si obyek dan lainnya agak jauh. Kesan yang ditimbulkan akan berbeda sekali.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Comment