Subyek : Bagian Paling Tajam dan Jelas Dalam Foto

Subyek - Bagian Paling Tajam dan Jelas Dalam Foto
Car Free Day, Bogor, 2017

Dalam sebuah cerita, film atau pada novel, di dalamnya selalu ada “subyek” atau tokoh utama. Subyek inilah yang akan menjadi pusat dari cerita dan paling memegang peran penting.

Karena foto merupakan medium untuk menyampaikan cerita, maka hampir pasti di dalamnya harus ada subyek atau pemeran utamanya. Namun, karena sifat foto adalah statis maka cara memberitahukannya kepada yang melihat berbeda.

Caranya dilakukan dengan menjadikannya sebagai bagian yang paling tajam dan jelas dalam foto. Yap, itulah guna fitur “focus (fokus)’ pada kamera, yaitu untuk memastikan subyek tadi mendapatkan keistimewaan dan menjadi paling menonjol dari bagian foto yang lain.

Bila kita melihat foto karya fotografer-fotografer terkenal atau mereka yang tahu teknis fotografi, cara itu biasanya ditambah dengan menggunakan “bokeh” atau latar belakang blur. Cara ini akan mempertegas kehadiran sang subyek foto dan mempermudah pemirsa melihat pemeran utama dalam foto tersebut.

Dengan begitu, yang melihat foto tidak akan salah menentukan pusat cerita.

Oleh karena itulah, salah satu yang selalu ditekankan dalam fotografi adalah pengetahuan tentang cara menggunakan aperture/diafragma karena hal ini berkaitan erat juga dengan bagaimana sebuah subyek ditampilkan. Seberapa lebar wilayah bidang foto yang jelas dan tajam ditentukan dengan menggunakan aperture.

Memberi Ruang di Depan Mata Yang Memandang

Bagaimana kalau seluruh bagian dalam bidang foto terlihat tajam dan jelas? Biasanya hal ini dilakukan dalam pemotretan lanskap atau pemandangan dimana foto terlihat tajam dan menampilkan detail dan pada seluruh bagian.

Teorinya tetap sama, subyeknya adalah bagian paling tajam dan jelas. Maka, kalau semua bagian tajam dan jelas, maka itulah subyeknya.

Foto yang semua bagian tajam berarti peran utamanya adalah semua yang ditampilkan karena semua bagian berhubungan. Cerita dalam fotonya terkandung pada foto itu sendiri dan bukan hanya pada salah satu bagian saja.

Mengenal Ruang Negatif (Negative Space) Dalam Fotografi 2

Jadi, kalau Anda mau memotret sebuah subyek, pastikan bahwa subyek (atau bisa disebut obyek utama) menjadi bagian yang paling jelas. Usahakan buat bagian lainnya blur atau setidaknya agak blur agar pemirsa foto bisa dengan mudah membedakan fungsi masing-masing.

Jangan selalu membuat foto dimana semua bagian tajam dan jelas karena hal itu terkadang menyulitkan yang melihat dalam menentukan bagian foto yang menjadi pusat cerita.

(Visited 29 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Subyek : Bagian Paling Tajam dan Jelas Dalam Foto”

    • Belum Kangmas… saya masih agak ribet di dunia nyata, jadi tuk sementara blog dibiarkan terbengkalai dulu. Bahkan komentar aja baru dicek dan dibalesin..

      Reply

Leave a Comment