Perlukah Meminta Izin Untuk Memotret Orang di Jalanan (Ruang Publik) ?

Perlukah Meminta Izin Untuk Memotret Orang Di Jalan
Jalan Suryakencana, Bogor, 2021

YA. Secara teori, seorang fotografer yang hendak memotret orang lain di jalanan (ruang publik) perlu meminta izin kepada obyeknya. Apalagi kalau cara memotretnya akan memperlihatkan wajah atau bagian yang bisa diidentifikasi, kemudian mengunggahnya ke media sosial.

Teorinya memang seperti itu. Bahkan, lebih jauh lagi ia harus mendapatkan release letter alias surat izin dari modelnya untuk menampilkan hasil foto itu untuk dilihat publik.

Hanya saja, di Indonesia, belajar dari pengalaman menekuni fotografi jalanan, dimana banyak masyarakatnya lebih fleksibel, lebih luwes dan kekeluargaan, dan lebih tidak sadar hukum, hal ini tidak selalu seperti itu.

Tidak jarang bahkan mereka yang dijadikan model bahkan tersenyum senang ketika kamera diarahkan kepada mereka. Bukan jumlah yang sedikit yang merasa senang ketika akun Instagram mereka di”tag” oleh sang fotografer dan melihat wajah mereka ditampilkan.

Tidak kaku dan semenakutkan seperti teorinya. Masyarakat Indonesia jauh lebih ramah dalam hal ini. Mereka tidak merasa bahwa hal itu sebagai eksploitasi.

Namun, tetap saja, jika memang tujuan dari pembuatan foto adalah uang, alias komersial, atau juga untuk urusan “resmi”, seperti lomba, mau tidak mau semua harus dikembalikan ke teori asal. Fotografer harus tetap meminta izin sang model untuk bisa melakukannya.

Semua itu demi kebaikan sang fotografer sendiri. Jika ia mendapatkan uang baik dari hadiah lomba atau pembayaran, tanpa izin dari sang model, hal itu berarti ada ketidakadilan dimana sang model tidak mendapatkan bagian dari penghasilannya. Celah seperti ini bisa menghadirkan tuntutan kepada si fotografer.

Bila tidak dilakukan pembagian, hal itu berarti terjadi ekploitasi terhadap sang obyek.

Berbeda situasinya dengan kalau sekedar untuk bersenang-senang alias non komersil. Banyak orang tidak akan mempermasalahkan kalau ia dijadikan model dalam sebuah foto, meski tanpa izin.

Apalagi kalau dalam suasana festival atau parade, banyak peserta yang berharap kamera diarahkan kepada mereka, meski tanpa mereka memberikan izin.

3 Pertanyaan Penting Sebelum Menekan Tombol Shutter Release

Tips : kalau tidak mau khawatir soal izin untuk memotret orang lain di jalanan, potretlah mereka tanpa memperlihatkan wajah.

(Visited 26 times, 1 visits today)

Leave a Comment