5 Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Usai Hunting Foto

Hal Yang Harus Dilakukan Usai Hunting Foto
Katulampa Bogor, 2019

Usai hunting foto, bukan berarti pekerjaan seorang fotografer jalanan selesai juga. Meskipun badan capek, ada baiknya lakukan dulu beberapa hal ini

1> Pindahkan foto ke komputer/hard disk eksternal

Yang pertama adalah memindahkan data file foto ke komputer atau tempat penyimpanan lainnya. Dengan begitu SD Card kamera akan selalu ada dalam kondisi kosong dan siap dipergunakan.

Kalau pun merasa jumlah kapasitas tersisa masih cukup di SD Card, membuat copy atau salinan adalah tindakan yang baik untuk berjaga-jaga.

2> Memilah foto

Setelah menyimpan file, lakukan pemilahan. Foto yang tidak bagus menurut standar sebaiknya dibuang saja. Tidak ada guna foto yang jelek disimpan karena tidak akan berubah menjadi harta karun dan berubah menjadi bagus.

Dengan membuang foto yang jelek ini akan menghindari hard disk penuh dengan sampah digital tidak berguna.

Lagi pula, memilah ini juga akan melatih dan mempertajam mata dalam menilai sebuah hasil karya. Lihat prinsip : KILL THE BABIES

3> Memasukkan dalam folder dan memberi nama

Memang dalam foto digital di dalamnya sudah terdapat EXIF Data. Dengan menggunakan windows explorer saja, data itu sudah terlihat.

Namun, pastinya akan repot sekali kalau harus membuka satu persatu foto untuk melihat tanggal pemotretan dan lokasi.

Sebaiknya dibuatkan folder dengan tanggal atau nama acara. Lebih baik lagi bila ditambahkan nama lokasi. Dengan begitu saat datang kebutuhan untuk menggunakan salah satu foto tersebut, tidak perlu terlalu repot. Cukup melihat nama dan tanggal folder saja.

mencintai fotografi pikir bisnis kemudian A
Cap Go Meh Bogor 2018, Jalan Suryakencana

4> Mengedit foto

Tidak perlu semua. Pilih saja satu atau dua demi memberikan sedikit kesenangan pada diri sendiri. Boleh yang terbagus atau sekedar mengoreksi beberapa foto yang kurang enak dilihat.

Kalau tidak terlalu capek, hal ini bisa dilakukan memanfaatkan sisa semangat yang biasanya masih tertinggal usai hunting foto.

Namun, kalau terlalu capek, ya istirahat saja dulu.

5> Posting di akun medsos

Loh, kenapa tidak? Kalau memang punya akun Instagram atau Facebook, mengapa Anda tidak memberitahukan kepada mereka ada hasil jepretan terbaru.

Buat follower Anda senang fotografer kesayangannya masih terus berkarya dengan memperlihatkan foto terbaru.

Itulah yang biasa saya lakukan usai hunting foto kemanapun, meski terkadang tidak semuanya karena sudah terlalu capek.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Comment