Terus Mencoba : Kunci Peningkatan Skill

Terus Mencoba Kunci Perbaikan Skill Memotret 2

Bila saya diminta sebuah tips atau saran untuk peningkatan skill fotografi, maka hanya satu hal yang akan saya sampaikan. Tidak banyak.

Saya hanya akan menyarankan untuk terus mencoba.

Penjelasannya sederhana saja, kalau Anda terus mencoba, maka Anda akan melakukan lebih banyak kesalahan. Kesalahan-kesalahan itu memang akan terasa menyebalkan, tetapi biasanya akan mendorong Anda untuk menemukan penyebab dan pada akhirnya, solusinya.

Dengan terus mencoba, maka Anda juga secara tidak sadar akan membiasakan diri dengan kamera, dengan beragam obyek, dengan beragam setting kamera, dan banyak dengan yang lain.

Pada prinsipnya, dengan terus mencoba, Anda tidak akan berhenti belajar dan pada akhirnya akan berujung pada peningkatan skill.

Hal in sebenarnya bukan hanya dalam bidang fotografi, tetapi berlaku pada semua bidang di kehidupan. Konsistensi dalam berusaha tidak akan pernah sia-sia. Dari sanalah lahir pepatah, “Proses tidak akan mengkhianati hasil”.

Membaca teori, tips, dan trik fotografi akan membantu, tetapi hasilnya akan nol besar kalau Anda tidak mencobanya secara langsung karena yang dinilai dalam dunia fotografi bukanlah seberapa banyak teori yang dihapalkan, melainkan foto yang menarik dan enak dilihat.

Mau 100 buku teknik memotret yang baik dan benar dibaca sekalipun tidak akan membuat Anda menjadi fotografer yang handal. Percuma saja kalau selama itu Anda tidak mencoba memotret dan menghasilkan foto yang bagus.

Jadi, kalau Anda ingin ada peningkatan skill memotret, terus mencoba.

  • Terus lakukan kesalahan
  • Terus temukan penyebab kesalahan itu
  • Terus temukan solusinya

Henri Cartier Bresson pun tidak langsung menjadi bapak fotografi jalanan kalau ia berhenti mencoba. Itulah mengapa ia mengatakan

“10000 fotomu yang pertama adalah yang terburuk”

Kata mutiara itu lahir karena ia sudah melewati jalan berat dan tidak berhenti. Inti pernyataannya pada dasarnya adalah teruslah mencoba.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Comment