Mengenal Backlight Dalam Fotografi

Mengenal Backlight Dalam Fotografi

Istilah backlight atau backlit dalam fotografi mengacu pada situasi dimana posisi sumber cahaya berada di belakang obyek foto dan berhadapan dengan kamera.

Dalam situasi ini kamera cenderung mendapatkan volume cahaya dalam jumlah yang berlimpah. Hasil akhir fotonya bagian obyek yang menghadap kamera akan terlihat gelap (hitam) karena bagian ini kurang mendapatkan cahaya sedangkan latarnya akan terang benderang.

Kondisi yang sama juga bisa terjadi jika lokasi pemotretan teduh/kurang cahaya, sedangkan area di belakangnya cahaya berlimpah. Kontras yang terjadi membuat obyek terlihat hitam dan gelap.

Contohnya, memotret dari dalam ruangan ke arah luar. Area di dalam ruangan akan selalu kurang cahaya dibandingkan di luar ruangan. Hasilnya terjadi kontras pencahayaan antara kedua bagian itu dan bisa menghasilkan backlight.

Bila targetnya adalah untuk menekankan obyek dalam sebuah foto dokumentasi, foto traveling, situasi backlight haruslah dihindari karena obyek utamanya menjadi tidak terlihat.

Cara menghindari terjadinya backlight sebenarnya mudah, tetapi sering diabaikan banyak orang karena terburu-buru. Kesalahannya adalah tidak memperhitungkan arah datangnya sumber cahaya.

Jadi, pemecahannya mudah saja, sebelum mengarahkan kamera, ada baiknya memperhitungkan dari mana sumber cahaya datang. Sumber cahaya dalam hal ini berlaku untuk sinar matahari, lampu dan sebagainya. Tempatkan sumber cahaya apapun di belakang pemotret agar cahayanya mengarah ke bagian muka obyek yang akan menjadi sasaran kamera.

Apakah Backlight Jelek?

Jadi, backlight harus dihindari?

Tergantung tujuan memotretnya. Seperti sudah disebutkan di atas, kalau memang tujuannya adalah menghasilkan foto untuk dokumentasi, kenang-kenangan, traveling, backlight bisa menyebalkan.

Maklum saja, bagaimana bisa memperlihatkan bahwa pada suatu waktu kita bermain di lokasi wisata, kalau obyek utama dalam foto hitam dan tidak bisa dikenali.

Namun, backlight bisa berguna jika Anda ingin membuat sebuah karya yang “artistik” dimana penekanannya adalah keindahan foto dan bukan obyeknya.

Jenis Latihan Mata Untuk Meningkatkan Skill

Baca juga : Cara Berlatih Memahami Buka Rana atau Shutter Speed

Backlight sendiri merupakan cara yang umum dipergunakan untuk membuat foto siluet atau bayangan hitam.

(Visited 37 times, 1 visits today)

1 thought on “Mengenal Backlight Dalam Fotografi”

Leave a Comment