Mengapa Photoscape Cocok Bagi Fotografer Pemula Belajar Mengedit?

Photoscape, mungkin namanya kurang populer dibandingkan Photoshop, Lightroom, atau Snapseed dalam urusan mengedit foto. Meskipun demikian, software buatan MOOII Tech, Korea ini sebenarnya cukup lengkap dan handal untuk bisa dipergunakan mengedit sebuah foto/image.

Memang harus diakui, masih sulit menandingi Photoshop atau GIMP (GNU Image Manipulation Program) dalam hal fitur, tetapi Photoscape bisa melakukan sebagian besar yang dilakukan software lainnya.

Bukan hanya hal-hal dasar saja, tetapi banyak hal lain, termasuk mengubah saturasi warna bisa dilakukan dengan software ini.

Kebiasaan Buruk Penghambat Skill Memotret Meningkat
Hasil editan dengan Photoscape

Jika Anda seorang pemula, dalam hal fotografi dan pemula juga dalam urusan mengedit foto, Photoscape bisa menjadi pilihan Anda sebagai software pengedit fotonya, bukan Photoshop atau Lightroom.

Serius! Mau tahu kenapa?

1> Gratis

Untuk apa mengeluarkan uang untuk membeli Photoshop atau berlangganan Lightroom kalau sekedar untuk mengubah kontras warna, mengatur kecerahan, cropping, membuat kolase.

Semua fungsi itu bisa didapattkan dari Photoscape dan tentunya tanpa harus merogoh uang karena aplikasi ini tidak berbayar dan bisa didownload.

2> Tanpa Iklan

Photoscape itu gratis dan benar-benar gratis. Software untuk desktop ini tidak akan menayangkan iklan saat mempergunakannya.

Pengguna bisa nyaman sekali mempergunakannya tanpa harus merasa terganggu oleh iklan yang tiba-tiba tayang.

Menulis Membantu Memahami Teori Rumit Fotografi
Diedit dengan Photoscape saja

3> Ramah pengguna (User Friendly)

Memakai Photoshop atau Lightroom lumayan ruwet juga. Fiturnya terlalu banyak dan sering memusing untuk mempergunakannya.

Berbeda dengan yang dua di atas, Photoscape menyediakan fitur otomatis. Contohnya, untuk mengatur kontras warna, kalau penggunanya tidak mau repot, ia bisa cukup memilih antara “rendah”, “sedang”, “tinggi”.

Kalau memang senang repot dan mengutak ngatik sendiri juga bisa karena Photoscape juga menyediakan hal ini.

4> Bisa memperkecil ukuran file

Bagi yang perlu memperkecil ukuran file foto, Photoscape itu yang paling mudah dan menyenangkan digunakan.

Cukup memilih dari menu ukuran standar yang ada, atau mengaturnya sendiri. Jenis file penyimpanan juga bisa ditentukan sendiri, dan bahkan kualitas foto setelah diperkecil ada menunya

Ukuran file hasil kompress Photoscape berdasarkan pengalaman merupakan yang terkecil dibandingkan software yang lain.

5> Bisa menambahkan watermark

Photoscape bisa loh dipergunakan untuk menambahkan watermark cantik ke atas foto hasil karya kita

6> Bisa menambahkan efek film/filter

Kalau memang senang posting di Instagram dan butuh efek film untuk memasukkan nuansa tertentu pada foto, Photoscape juga menyediakan setidaknya 6 efek film/filter.

Bisa lebih banyak kalau Anda mau mengutak atik sendiri.

satu lagi hasil editan Photoscape

7> Ada batch system

Bagaimana memperkecil foto sekaligus dalam jumlah banyak? Pakai Photoscape sih mudah.

Cukup drag foto ke batch editor, kemudian atur ukuran yang diingikan, dan klik ubah. Selesai.

Semua foto sudah diperkecil sesuai permintaan.

Hal ini juga bisa dilakukan kalau hendak mengubah kontras warna, atau saturasi, brightness dari banyak foto sekaligus.

Sebuah software yang sangat powerful menurut saya dan sayangnya sering diunderestimate, kalah ngetop dibandingkan Photoshop. Tapi, kalau saya rasa, bila Anda memang hanya memerlukan fitur-fitur standar untuk mengedit foto, lebih baik menggunakan Photoscape saja dibandingkan Photosop atau lainnya.

Saya sendiri bahkan, sampai sekarang, dan sudah tidak bisa disebut sebagai pemula lagi, masih tetap memakai software ini. Toh juga saya tidak mengedit terlalu banyak dan seringnya hanya sekedar bermain dengan kontras, cropping, dan yang standar saja.

Jadi, Photoscape sudah menyediakan lebih dari cukup.

Kalau Anda mau, bisa mendownload dan menginstallnya sendiri di komputer Anda. Silakan kunjungi X Photoscape untuk mendapatkan versi yang terbaru.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Comment