Semua Pernah Jadi Pemula dan Berbuat Kesalahan

Semua Pernah Jadi Pemula dan Berbuat Kesalahan
Car Free Day Bogor 2016

Ketika lahir apakah seorang Darwis Triadi bisa memotret? Apakah lulus dari SD, seorang Arbain Rambey sudah mahir mengoperasikan kamera dan bisa memotret dengan bagus?

Tidak lah pastinya.

Mereka dan semua orang beranjak dari 0 dan tidak mewarisi kemampuannya dari kedua orangtuanya. Mereka dengan kata lain pernah menjadi seorang pemula.

Tidak ada yang langsung lahir sebagai seorang fotografer handal dan terkenal. Mereka juga melalui proses yang panjang untuk mendapatkan kemahirannya menghasilkan foto ciamik.

Mereka sama seperti banyak orang belajar hal-hal, seperti Rule of Thirds, Shutter Priority, dan banyak hal lain dalam dunia fotografi. Ribuan bahkan puluhan ribu kesalahan sudah mereka lakukan.

Yang membuat orang-orang tersebut bisa mencapai puncak kesuksesannya adalah karena mereka

  • belajar dari ribuan kesalahan yang mereka perbuat dan terus berusaha menemukan jawaban dari kesalahan yang diperbuat, sambil terus berusaha belajar hal-hal baru
  • konsisten karena tidak berhenti untuk terus belajar dan memperbaiki diri
  • tidak bermental instan karena pasti mereka menyadari bahwa semua yang mereka lakukan akan melalui proses yang panjang

Pada dasarnya mereka sebenarnya melakukan hal-hal yang sama dengan yang dilakukan semua orang sukses, belajar dan terus belajar, konsisten, dan pantang menyerah.

Karena pada dasarnya, itulah yang mendasari keberhasilan seseorang dalam meraih apa yang ditujukan.

Tentunya, dengan tambahan, faktor keberuntungan dan juga ridho dari Allah SWT.

Iya nggak sih?