Perhatikan Ukuran Image Dalam Artikel : Selebar Mungkin

Perhatikan Ukuran Image Dalam Artikel : Selebar Mungkin

Perkembangan teknologi perangkat komunikasi memang mempermudah banyak orang. Kehadiran perangkat mobile membuat siapapun bisa mengakses situs-situs online dimanapun, selama internet tersedia. Smartphone yang kecil dan bisa dibawa kemanapun, bahkan ke toilet, menggantikan desktop sebagai sarana untuk berselancar di dunia maya.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 60% orang mempergunakan ponsel cerdas dari berbagai ukuran untuk mengakses internet. Jumlah yang diperkirakan akan terus membesar.

Namun, ada sebagian orang yang lumayan dibuat pusing dengan semakin beragamnya perangkat untuk mengakses internet. Para blogger adalah salah satu di antara beberapa kategori orang yang menghadapi tantangan. Bervariasinya perangkat pengakses sama artinya blog-blog dan kontennya harus juga bisa tayang dengan baik di semua perangkat tersebut.

Mau tidak mau, suka tidak suka.

Salah satu bagian dari sebuah artikel yang paling membuat pusing adalah image atau foto. Ukuran image yang terlalu besar akan bagus dilihat di desktop, tetapi belum tentu di perangkat mobile, seperti ponsel. Image yang dibuat kecil, akan nyaman di ponsel, tetapi bisa terlihat kekecilan di desktop.

Cukup memusingkan.

Bagaimana untuk memastikan bahwa semua foto atau image tampil dengan sempurna dan enak dilihat oleh pembaca? Bagaimanapun image adalah bagian penting bagi sebuah artikel karena bisa memberikan gambaran visual sehingga pembaca bisa membayangkan lebih jelas apa yang dijelaskan dalam tulisan.

Belum lagi sebuah image pun bisa bermanfaat untuk menarik pengunjung dari mesin pencari.

Untungnya, perkembangan teknologi perangkat telekomunikasi diimbangi dengan sigap oleh para pembuat template. Semua mengeluarkan versi template responsive yang bisa menyesuaikan semua komponen sebuah website/blog dengan ukuran layar monitor perangkat yang dipakai.

Dengan begitu, image yang ditampilkan pun bisa terlihat nyaman di mata pembaca.

Sayangnya, dalam pelaksanaannya, sifat responsive dari template tidak dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian webmaster/blogger. Untuk menghemat bandwidth, banyak yang memasang image dalam ukuran yang “kecil”.

Padahal, yang seperti ini justru tidak memaksimalkan kegunaan dari sifat responsive sebuah template.

Sebagai contoh bisa dilihat di bawah ini.

Tampilan versi mobile
Tampilan desktop

Pada perangkat mobile, tampilan image yang kecil akan terlihat “besar” karena layar dimana image ditampilkan sempit. Mata pembaca akan bisa melihat cukup detail dan jelas.

Sebaliknya pada layar sebuah desktop, ukuran itu terlihat “kecil” karena layar yang lebih lebar. Banyak ruang kosong di kiri dan kanan yang terbuang.

Memang, semua ini adalah selera, tetapi sebuah foto yang terpasang secara maksimal (bisa dilihat di tulisan ini), akan memberikan kesan yang berbeda. Mata pembaca bisa melihat setiap detail dalam foto, baik di semua perangkat.

Foto sebuah bangunan akan lebih megah dan menarik kalau dalam ukuran besar. Silakan lihat di bawah ini dua contoh lain kalau image dibuat terlalu kecil.

Lawang Sewu, Semarang 2018

Bagaimana menurut Anda, mana yang lebih enak dilihat?

Selebar mungkin

Nah, untuk membuat image yang pas untuk semua ukuran layar? Tipsnya sederhana saja. Buat selebar mungkin.

Bukan berarti menggunakan image/foto dalam ukuran asli saat keluar kamera yang mencapai 5000x 3000 -an pixel. Kalau ini dilakukan ukuran image akan menjadi sangat besar dan memperlambat loading sebuah laman website.

Kata selebar mungkin itu merujuk pada ukuran layar terlebar dari semua jenis, yaitu ukuran desktop. Rata-rata layar monitor sebuah desktop atau laptop akan berkisar antara 1024X768 atau sekitar 1300 pixel lebar. Untuk melakukan ini bisa memakai banyak software atau aplikasi, seperti Paint, Photoscape, Photo Resizer, dan banyak lagi lainnya.

Ukuran image dengan ukuran 1024X768 hanya berkisar antara 100-150 Kilobyte saja, dan bukan tidak mungkin akan berada di bawah 100 Kb saja. Kecil dan tidak akan mengganggu loading.

Bila image seperti ini dipakai, pada saat laman tersebut dibuka di perangkat mobile dengan layar kecil, template responsive akan menyesuaikan. Template akan membuat thumbnail dan menyusutkan image agar pas dengan layar. Hal itu tidak dilakukan kalau image yang digunakan sudah lebih kecil dari ukuran layar.

Ini ukuran pertama.

Pas dengan ruang baca

Ukuran kedua yang bisa dipergunakan memerlukan pengetahuan seorang blogger untuk tentang ruang baca (tempat dimana pembaca melihat konten) yang dipergunakan template blognya.

Hal ini bisa menjadi masalah kalau seorang blogger tidak tahu tentang ukuran ruang baca sebab ukuran lebar setiap template berbeda. Ada yang menggunakan 640 pixel, 700, 900, dan berbagai jenis lainnya.

Tapi, rata-rata umumnya menggunakan 640 pixel kalau memakai sidebar (bilah sisi) atau 900-1000 untuk yang non-sidebar.

Jadi, silakan dibuat pas dengan template yang digunakan.

Jadi, maksimalkan lebar image di semua perangkat agar konten tulisan terbantu karena image pun tampil maksimal.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Comment