[GIMP #1] Mengenal RECTANGLE SELECT : Memilih Dan Memotong Bidang Berbentuk Persegi

Salah satu dasar dalam mengedit foto adalah kita harus bisa memilih bagian-bagian yang hendak diedit, baik diperbaiki atau dihilangkan. Dan, untuk melakukan itu, semua photo editing software, aplikasi pengedit foto, sudah menyediakan berbagai menu “SELECT” atau “memilih” di dalamnya.

GIMP (GNU Image Manipulation Program) pun sama. Ada beberapa menu “SELECT” yang tersedia (setidaknya ada 7 buah). Satu diantaranya adalah RECTANGLE SELECT. Dalam bahasa Indonesia, mudahnya disebut “memilih bidang berbentuk persegi“.

Sesuai dengan namanya, bila menu ini yang dipilih maka pada saat pengeditan, bagian yang langsung terkena dampaknya akan berbentuk persegi atau persegi panjang.

Menu Rectable Select penting karena salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan dalam dunia fotografi dan digital imaging menggunakannya, yaitu CROPPING atau pemotongan.

Contohnya, jika kita ingin membuang bagian luar dari foto di bawah ini.

[GIMP #1] Mengenal RECTANGLE SELECT : Memilih Bidang Berbentuk Persegi
Foto 1

Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.

[GIMP #1] Mengenal RECTANGLE SELECT : Memilih Dan Memotong Bidang Berbentuk Persegi
Foto 2

Untuk itulah disediakan menu Rectangle Select.

Cara menggunakan RECTANGLE SELECT mudah. Yang penting mengetahui dimana posisinya.

i) Silakan lihat menu pada bagian Tools (Alat) . Bisa juga memakai klik kanan pada mouse atau touchpad komputer/notebook

ii) Klik dan kemudian akan keluar menu dropdown dua tingkat seperti di bawah ini.

[GIMP #1] Mengenal RECTANGLE SELECT : Memilih Dan Memotong Bidang Berbentuk Persegi

iii) Klik Rectangle Select dan kursor akan berubah menjadi ” + “.

iv) Letakkan pada image/foto dan kemudian tarik sehingga bagian yang hendak diedit atau bagian yang diinginkan untuk disimpan ter-cover, seperti foto pertama

Coba berbagai bentuk dan biasakan membentuk kotak pada image. Fungsi yang satu ini sangat bermanfaat dan akan sering dipakai di kemudian hari.