Pengganggu Saat Memotret #1 : Mobil Dan Klaksonnya

Pengganggu Saat Memotret #1 : Mobil Dan Klaksonnya

Memotret itu sama saja dengan banyak pekerjaan lainnya, butuh fokus dan konsentrasi. Berlaku untuk pemegang kamera dan juga modelnya. Kurangnya Aqua..eh konsentrasi jelas akan membuat hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

Dan, masalahnya, ketika memotret di jalanan atau tempat wisata, gangguan itu sering hadir tanpa disangka-sangka.

Seperti contohnya beberapa waktu lalu, saat iseng bersama kawan lama mencoba melakukan beberapa sesi pemotretan di Kebun Raya Bogor.

Tentunya, untuk menghindari gangguan, dipilih lah tempat yang diperkirakan sesepi mungkin dimana orang tidak banyak lalu lalang, di sekitar Taman Meksiko. Tepatnya di jalan yang melintas salah satu taman tematik di kebun botani pertama di Asia Tenggara itu.

Sepi memang.

Tetapi, saya lupa, bahwa mobil diperkenankan berlalu lalang di dalam kebun raya itu. Dan, tidak menyangka ketika kamrea sudah terarah, dan sang model sudah bergaya. Sebuah mobil muncul dan klaksonnya berbunyi.

Hasilnya, ya sang model terkejut dan langsung bergerak. Pada saat bersamaan, jari saya menekan shutter release.

Cuma bisa nyengir saja melihat hasilnya. Jelek? May be tetapi jadi agak lucu melihat ekspresi modelnya yang terekam dalam kamera.

Itulah yang menjadikan sebuah pengalaman saat melakukan sesi pemotretan. Perhatikan bukan saja model, perlengkapan, atau setting kamera.

Pelajari juga situasi sekitar dan kebiasaannya. Hal itu untuk meminimalkan gangguan yang bisa merusak konsentrasi semua orang.

Meskipun demikian, mungkin saya setengah berharap kalau gangguan terduga itu bisa terulang. Karena dengan begitu bisa mendapatkan foto yang “lucu” dan benar-benar natural dari ekspresi model yang terkejut.

Lebih menarik sebenarnya daripada versi resminya.

Lucu.