Apa Modal Awal Untuk Belajar Fotografi ?

Apa Modal Awal Untuk Belajar Fotografi ?

Modal awal belajar fotografi itu tidak mahal sebenarnya. Cuma satu hal mutlak yang harus ada, yaitu KAMERA.

Kenapa? Karena tanpa itu maka tidak ada fotografi. Jadi, cuma itu saja syarat yang harus dipenuhi. Bisa nggak pakai kanvas dan cat air, kan hasilnya bisa sama indahnya? Ya tidak bisa. Nanti Anda akan belajar seni lukis dan fotografi.

Jangan berpikir bahwa kamera yang disediakan harus DSLR (Digital Single Lens Reflex) atau Mirrorless. Tidak ada keharusan untuk itu, tetapi kalau Anda memang punya uang, ya beli saja..

Kalau tidak ada, ya pakai saja smartphone di tangan. Zaman sekarang, justru jarang menemukan ponsel tanpa kamera. Seberapapun kecilnya ukuran pixel yang dijanjikan, tetap saja itu kamera dan lebih bagus dibandingkan kamera Brownie produksi tahun 1901 yang hanya bisa menghasilkan foto 2 1/4 inci saja (3 centimeter saja)

Modal lainnya adalah

1. Niat : tanpa niat yang tidak akan ada yang bisa berjalan

2. Semangat : tanpa yang satu ini, biasanya proses belajarnya akan sebentar dan kemudian hilang

3. Mau belajar : namanya belajar, ya berarti harus siap mencari ilmu, bisa dari internet atau orang yang dikenal

4. Mau capek : tidak ada yang namanya belajar tanpa rasa capek. Hal itu pasti ada dalam proses belajar apapun

Bagaimana dengan obyek? Fotografi itu tentang menggali keindahan dari obyek apapun, Jadi, sebagai langkah awal pakai saja obyek yang ada dan tersedia di sekitar kita. Mau bunga, gadis tetangga cantik, atau bahkan kucing dan mobil pun bisa dijadikan obyek untuk belajar memotret.

Itu saja modal awal belajar fotografi.