Foto Yang Menarik Tidak Selalu Butuh Model Yang Cantik

Foto Yang Menarik Tidak Selalu Butuh Model Yang Cantik
Cap Go Meh Bogor 2018

Foto dengan model yang cantik, biasanya memang akan mengundang perhatian yang banyak. Apalagi kalau yang dijadikan model cantik, berbadan sexy, dan berdada bagus. Hampir pasti kalau fotonya kemudian dipajang di media sosial atau komunitas-komunitas dunia maya , maka akan banyak sekali LIKE yang diberikan.

Seringkali bahkan meskipun cara pengambilan fotonya tidak pas, agak buram, tidak tajam, tetap saja akan banyak komentar dan pujian yang masuk. Maklum saja, karena biasanya memang menyentuh “rasa” dan “hasrat” banyak orang, baik dari kalangan pria yang langsung membayangkan bagaimana kalau istri atau pacarnya seperti itu, atau kaum wanita yang tidak jarang langsung melihat kepada badannya sendiri.

Foto dengan model wanita memang biasanya otomatis memiliki kelebihan untuk dikategorikan sebagai sebuah foto yang menarik.

Meskipun demikian, tidak berarti untuk membuat foto yang menarik harus mempergunakan model wanita sexy. Sejarah fotografi menunjukkan bahwa dalam dunia fotografi, wanita cantik hanyalah salah satu opsi saja untuk mendapatkan foto yang dapat menarik minat yang melihat.

Bagaimanapun, kata “menarik” itu sendiri luas dan bersifat subyektif. Setiap orang memiliki standar dan kriteria sendiri tentang apa yang “menarik” bagi mereka. Jadi, tidak akan pernah ada standar yang berlaku umum untuk sebuah foto agar dikatakan “menarik” atau tidak oleh yang melihat.

Tidak jarang, yang satu bilang bagus dan menarik, yang lain malah mencibir dan tidak menyukainya.

Wajar karena ada manusia yang memang tertarik pada kecantikan fisik, tetapi ada juga yang tertarik pada tingkah laku, atau penampilannya. Dan, masih banyak hal lain yang bisa membuat sesuatu dianggap menarik oleh seseorang.

Foto Yang Menarik Tidak Selalu Butuh Model Yang Cantik
Istana Bogor 2018

Oleh karena itu, seorang fotografer, apalagi yang menekuni fotografi jalanan dan human interest, tidak selalu harus terpaku pada mencari kecantikan di jalanan. Ia harus bisa mengembangkan ide terhadap apa yang dilihat.

Memang, tidak jarang, wanita cantik atau pria ganteng bersliweran di ruang publik, tetapi janganlah pernah memfokuskan diri pada hal itu saja. Masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa dijadikan sebuah foto yang menarik.

Kemampuan fotografer untuk mengembangkan ide adalah kunci utama untuk menghasilkan foto yang menarik. Tingkah laku lucu dan unik, bentuk yang simetris atau tidak umum, dan masih banyak hal lagi yang bisa diolah untuk mendapatkan foto yang bagus dan enak dilihat.

Tidak selamanya foto yang menarik harus berisikan model yang cantik.