Obyek Sederhana Pun Bisa Menjadi Indah Di Tangan Fotografer Handal

Obyek Sederhana Pun Bisa Menjadi Indah Di Tangan Fotografer Handal

Banyak orang mengira bahwa untuk menghasilkan sebuah foto yang indah dan enak dilihat maka obyeknya haruslah selalu “wah” dan sesuatu yang yang luar biasa. Tidak sedikit yang berpikir bahwa apa yang difoto lah yang menjadi penting.

Padahal, sebenarnya tidak demikian.

Yang terpenting dalam menghasilkan foto yang indah adalah apa yang ada di kepala yang memotret. Banyak sekali fotografer handal yang hanya memotret obyek-obyek sederhana saja, seperti wajah orang, pemandangan, bunga, binatang dan bahkan makanan.

Mereka berhasil merubah sesuatu yang biasa menjadi “luar biasa” di mata yang melihat.

Kemampuan sang fotografer lah yang membuat hal ini bisa terjadi. Kemampuan untuk menemukan sudut pandang terbaik. Kemampuan untuk menggunakan cahaya untuk memperindah obyeknya. Kemampuan untuk menemukan titik tercantik dari obyek. Kemampuan untuk mengatur setting kamera yang tepat untuk menampilkan kecantikan dan keindahan obyeknya.

Kesemuanya itu yang berperan dalam menghasilkan foto yang baik. Bukan obyeknya.

Seberapapun cantik obyeknya, tanpa kemampuan dari sang fotografer, maka hasilnya tidak akan menjadi enak dipandang mata.

Foto di atas hanyalah foto bunga kertas, bougainville saja. Sesuatu yang tidak menarik dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan sering diabaikan karena tidak ada nilai rupiahnya. Tetapi, di tangan seorang penggemar fotografi, yang walau kemampuan memotretnya tidak luar biasa, bisa menjadi sebuah foto yang lumayan enak dilihat.

Bandingkan saja kalau yang memotret tidak tahu cara untuk memotretnya. Apakah hasilnya akan seperti ini? Kemungkinan besar tidak.

Iya kan?