Ingin Belajar Memotret Orang Tak Dikenal Tanpa Takut Kena Marah?

Seiring dengan semakin mewabahnya smartphone, perkembangan “street photography” atau fotografi jalanan juga meluas ke berbagai kalangan. Banyak masyarakat awam yang tertarik untuk ikut menekuni genre ini.

Sayangnya, mereka kadang terhambat oleh satu hal, yaitu rasa takut memotret orang tak dikenal karena takut kena marah. Padahal, salah satu inti atau penunjang utama dari genre ini adalah keberanian untuk melakukan hal ini.

Padahal, sebenarnya tidak juga. Masyarakat Indonesia, dan kalau melihat perkembangan di luar negeri pun, cukup bisa menerima kalau mereka dijadikan sasaran kamera. Kalaupun ada yang tidak suka, biasanya mereka tidak akan memaki-maki. Tindakan yang paling sering dilakukan untuk menunjukkan penolakan mereka sebatas mengangkat tangan atau merengut.

Tidak pernah ada pengalaman lebih dari itu yang saya alami saat berburu foto di jalanan.

Ingin Belajar Memotret Orang Tak Dikenal Tanpa Takut Kena Marah?

Tetapi, kalau memang masih sulit untuk bisa melakukannya tanpa rasa takut, ada satu hal yang mungkin bisa mengurangi rasa khawatir kena marah itu.

Caranya sederhana, tetapi agak tergantung pada ketersediaannya.

Pergilah ke sebuah festival atau perayaan apapun yang diselenggarakan di kota Anda. Bawalah kamera dan mulailah berburu.

Biasanya pada saat demikian semua yang terlibat dalam acara tersebut, baik peserta atau penonton akan menjadi sangat terbuka. Mereka tidak merasa risih atau marah ketika kamera mengarah kepada dirinya.

Ingin Belajar Memotret Orang Tak Dikenal Tanpa Takut Kena Marah?

Sepertinya suasana gembira dan ceria dalam sebuah festival atau perayaan berimbas kepada mood semua orang yang ada disana. Perasaan kebersamaan yang dihadirkan acara seperti itu sangat membantu mempengaruhi mood semua orang.

Tidak jarang bahkan mereka tak segan kalau diminta berpose.

Jangan tanya hanya kepada pesertanya saja, silakan tanya juga pada para penontonnya. Mereka pun jarang yang berkeberatan untuk dipotret.

Foto-foto dalam artikel ini merupakan hasil dari berburu foto saat Cap Go Meh Bogor 2018 (CGM Bogor Street Festival) yang baru berlalu.

Selama itu pula tidak ada penolakan sama sekali dari setiap orang yang ada di dalam foto ketika kamera mengarah kepada mereka.

Jadi, cobalah berlatih di ajang seperti ini, atau Car Free Day. Rasanya perlahan tapi pasti rasa takut kena marah oleh orang asing akan perlahan menipis.

Selamat mencoba!