Keuntungan Memotret di Pagi Hari

Orangtua zaman dulu punya sebuah pepatah “Jangan bangun siang, nanti rezekinya keburu dipatuk ayam”. Begitu katanya, walau sebenarnya itu rezekinya si ayam dan dia tidak merampas rezeki siapapun. Hanya saja, pepatah ini menekankan bahwa bangunlah sepagi mungkin dan kemudian bekerja keraslah, seringkali “kesempatan” akan hadir bagi mereka yang mau berusaha lebih keras.

Ternyata, bagi seorang fotografer atau penggemar fotografi , pepatah itu pas sekali diterapkan dalam kehidutpan. Paling tidak bagi penggemar fotografi jalanan atau mereka yang menyukai pemotretan di luar ruangan atau outdoor. Ada banyak keuntungan memotret di pagi hari yang bisa membantu dalam menghasilkan sebuah foto yang bagus.

Tidak percaya?

Kenyataannya begitu. Banyak fotografer senior dan terkenal pun menyarankan untuk melakukan pemotretan di pagi hari karena hal-hal berikut :

1. Cahaya matahari yang lembut

Keuntungan Memotret di Pagi Hari
Patung Peniup Seruling , Istana Bogor 2017

Sinar matahari di pagi hari berbeda dengan siang hari. Cahayanya lebih lembut dan tidak sekeras matahari di kala siang.

Hal ini akan sangat memudahkan pengaturan pencahayaan saat pemotretan dan hasilnya akan terlihat sekali bedanya dengan foto hasil pemotretan di siang hari. Biasanya sinar matahari di siang hari kerap membuat foto menjadi overexposed karena kelebihan cahaya.

2. Langit Biru

Keuntungan Memotret di Pagi Hari
Monumen dan Museum , Bogor 2017

Mendapatkan latar belakang langit biru adalah salah satu yang diharapkan banyak fotografer. Hasil fotonya biasanya akan enak sekali dilihat, bahkan kalaupun hanya menggunakan smartphone.

Biasanya langit biru ini akan tersedia di pagi hari, antara pukul 06.00-08.00. Apalagi, jika di malam sebelumnya hujan turun, hampir pasti keesokan harinya langit biru akan muncul.

3. Tidak panas

Keuntungan Memotret di Pagi Hari
Jalan Tentara Pelajar, Bogor 2017

Memang seorang fotografer harus tahan banting dalam segala cuaca. Suka atau tidak suka itu adalah bagian dari kehidupannya dan tidak boleh menjadi alasan kalau memang harus memotret di siang hari.

Meskipun demikian, tentunya akan lebih nyaman dan menyenangkan kalau memotret di pagi hari. Sejuknya udara tentunya akan menghadirkan kesegaran bagi badan dan juga pikiran. Mungkin dianggap kecil, tetapi yang seperti ini bisa meningkatkan kreativitas seorang fotografer.

4. Belum ramai

Keuntungan Memotret di Pagi Hari
Car Free Day Bogor 2017

Pernah dengar prinsip KISS, Keep It Simple, Stupid. Foto yang sederhana, tidak ruwet, dan tidak ramai itu cenderung enak dilihat.

Sayangnya, sulit sekali mendapatkan hal yang seperti itu kalau suasana sudah terlalu ramai. Belum ditambah dengan lalu lalang orang yang kerap melintas dan mengganggu sesi pemotretan.

Keuntungan memotret di pagi hari dalam hal ini adalah pagi hari biasanya belum terlalu ramai. Belum banyak orang lalu lalang. Hal itu akan mendukung terlaksananya prinsip KISS dan tentunya mengurangi ganggung bagi sang fotografer.

Jadi, bisa dikata tidak salah juga kalau kakek nenek kita selalu menasehati agar bangun pagi. Banyak “rezeki” yang bisa dipungut saat itu, bahkan bagi para fotografer.