Perhatikan Pakaian atau Busana Yang Dipakai Model Untuk Foto Bertema Cinta

Mungkin hanya perasaan atau opini saja. Tetapi, kalau melihat kebiasaan para fotografer yang bergelut di dunia pra-wedding dan wedding, hal itu tidak salah.

Pernahkah Anda melihat pasangan (calon) pengantin yang mengenakan gaun kotak-kotak? Jarang sekali kan?

Bukan tanpa alasan sebenarnya karena corak pakaian atau busana yang dipakai model foto bertema cinta-cinta-an memberikan pengaruh pada hasil fotonya. Untuk itulah mengapa kebanyakan pengantin akan mengenakan busana berwarna polos, alias satu warna saja.

Gaun atau pakaian berwarna tunggal akan membuat mudah bagi yang melihat menemukan fokus utamanya. Juga, warna polos membuat obyek lebih menonjol bahkan ketika sekitarnya penuh warna.

Cobalah bandingkan dengan pakaian bercorak, dan warna-warni pula. Komposisi warnanya menjadi terlalu banyak warna dan saling berebut perhatian. Ujungnya, model fotonya sendiri menjadi kurang menonjol dibandingkan bahkan latar belakangnya. Padahal, ketika memotret obyek itulah yang seharusnya menjadi bagian yang paling menonjol dan mendapat sorotan utama.

Oleh karena itu, sebaiknya, kalau memang bertujuan untuk komersial, seorang fotografer harus mampu berdiskusi dengan obyeknya. Ia harus mampu mengarahkan tentang busana apa yang baik atau tidak dipergunakan untuk foto yang akan mengabadikan cinta mereka.

Toh, itu dilakukan untuk kebaikan mereka sendiri.

Bagaimana kalau mereka menolak? Yah, mau bagaimana lagi, tetapi setidaknya mereka harus juga memahami bahwa busana/pakaian berpengaruh cukup besar dalam sebuah foto.