[Foto] Bermain di Pantai : Apakah Foto ini Termasuk Fotografi Jalanan?

Entahlah apakah sebuah foto di pantai termasuk dalam fotografi jalanan atau bukan. Jika mengikuti definisi asal genre fotografi cetusan Henri Cartier Bresson bahwa fotografi jalanan adalah tentang memotret di ruang publik, seharusnya foto yang diambil di pantai termasuk dalam genre ini.

Tetapi, para landscaper tentunya berargumen bahwa mayoritas foto di pantai kebanyakan adalah keindahan pemandangan alam, dan tidak menekankan pada manusia atau obyeknya. Jadi, seharusnya masuk dalam wilayah genre mereka.

Penganut genre human interest bisa juga mengklaim bahwa foto di pantai masuk dalam kategori genre mereka. Apalagi kalau obyeknya difokus dengan close up dan mempertontonkan emosi di dalamnya. Iya kan?

Pada akhirnya saya tidak peduli termasuk dalam genre apakah foto di pantai seperti yang di atas. Yang paling penting adalah saya menyukai memotret di pantai dan mengabadikan kegembiraan keluarga, teman, sahabat, bahkan orang tidak dikenal saat berada disana.

Rasanya hal itu lebih baik dan menarik daripada sekedar membahas teori-teori genre. Biarkan sajalah mereka para pemikir yang berdebat panjang lebar. Tidak ada manfaatnya berdebat tentang itu selain memuaskan ego saja.