Vari-Angle LCD Monitor dan Kegunaannya

Vari-angle LCD atau Monitor adalah istilah yang merujuk pada LCD monitor pada kamera. Istilah lainnya adalah “articulating LCD”.

Seperti sudah diketahui bahwa setiap kamera digital yang diproduksi pada saat ini diperlengkapi dengan sebuah layar monitor Liquid Crystal Display atau LCD. Gunanya agar sebelum menekan tombol shutter release seorang pemotret bisa melihat preview dari foto yang akan diambil.

Biasanya layar LCD yang tertanam dalam sebuah kamera bersifat fix atau tetap. Posisinya tidak bisa diubah-ubah sehingga pemotret terkadang harus menyesuaikan diri dan posisi saat mengambil foto.

Tetapi, belakangan ini sudah banyak sekali jenis kamera yang diperlengkapi dengan LCD yang tidak statis. LCD ini bisa diubah posisinya apakah menghadap ke depan, ke bawah, ke samping dan seterusnya.

LCD monitor pada kamera yang sifatnya flexible inilah yang dikenal dengan istilah vari-angle LCD Monitor.

 

Kegunaan Vari-angle LCD Monitor

Sangat berguna. Terutama dalam ketika fotografer perlu mengambil gambar dari sudut-sudut sulit. Contohnya foto di bawah ini

Kalau harus memakai lensa dengan LCD Monitor yang tetap, maka yang bisa dilakukan adalah dengan cara

  • terlentang di tanah, dengan begitu maka pandangan fotografer tegak lurus dengan pohon
  • menengadah ke atas dengan leher sebisa mungkin sejajar dengan tanah
  • memotret dengan kira-kira saja tanpa melihat hasilnya

Tetapi, dengan menggunakan kamera dengan vari-angle LCD monitor, fotografer hanya perlu menekuk layar monitornya dan kemudian mengarahkan lensa tegak lurus ke atas. Tidak perlu lagi harus berkotor-kotor ria dengan telentang di atas tanah atau menyakiti leher.

Selain itu, kamera-kamera jenis terbaru bahkan memilik vari-angle LCD yang bisa diputar menghadap si pemotret. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang gemar selfie. Mereka bisa memotret diri mereka sendiri sambil melihat preview-nya.

Sudah banyak jenis kamera yang memiliki fitur ini. Bukan hanya DSLR (Digital Single Lens Reflex), tetapi juga Mirrorless atau prosumer bahkan kamra saku pun sudah ada yang diperlengkapi fitur ini.

Beberapa jenis vari-angle LCD. Ada yang hanya bisa keluar dari posisinya dan ditekuk menghadap ke atas atau ke bawah saja. Ada juga yang bisa berputar-putar ke segala arah.

Tambahan fitur ini tidaklah gratis karena biasanya kamera dengan vari-angle LCD monitor harganya akan lebih mahal dengan kamera yang bermonitor tetap.

Tetapi bagi Anda yang gemar fotografi, tambahan ini akan sangat membantu dalam pengambilan gambar dari sudut-sudut sulit. Jadi, kalau memang memerlukan kamera, adanya fitur ini harus diperhitungkan karena sangat bermanfaat.