Tips #9 : Jeli dalam menemukan obyek menarik

Sebagai seorang penggemar fotografi jalanan, saya menyadari bahwa untuk menghasilkan foto yang menarik, tidak bisa hanya bersandar pada kemampuan tehnis. Bahkan terkadang, tehnik dan teori seperti tidak berlaku ketika berada di jalanan.

Justru yang lebih berperan dalam hal ini adalah kejelian mata yang menjadi kunci. Baru setelah itu, sedikit kreatifitas dan pengetahuan tehnis akan membantu.

Alasannya karena dengan mata yang jeli, maka seorang fotografer jalanan akan bisa men-scan situasi sekitar kemudian menemukan obyek menarik, atau setidaknya yang dianggapnya berpotensi.

Sebagai contoh foto kuntilanak di atas adalah hasil dari berkeliaran di Car Free Day ala Bogor, di Jalan Sudirman. Di tengah kerumunan terlihat beberapa sosok putih dengan penampilan di “luar” kebiasaan. Penampilannya sangat mennyolok mata begitu juga dengan sikap dan postur tubuh mereka.

Bukan sebuah obyek “luar biasa”, tetapi ternyata tanpa perlu menerapkan terlalu banyak teori fotografi, hasilnya akan mengudang orang untuk melihat.

Bisakah Anda tidak tertarik melihat foto di atas dan juga beberapa lainnya di bawah ini?

Kejelian mata seorang pemegang kamera bisa membuat menyingkirkan berbagai teori tentang tehnik fotografi. Perhatian yang melihat sudah akan langsung tertuju pada obyek.

Oleh karena itu, saya selalu membiasakan diri untuk tidak berjalan terlalu cepat dan selalu mengitarkan pandangan ke sekeliling, dengan kamera yang siap untuk memotret. Siapa tahu ada obyek menarik yang bisa menjadi sasaran?

Ternyata hasilnya seperti yang bisa dilihat di atas.