Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?

Mungkin, Anda sudah pernah melihat banyak foto dengan background blur atau kabur? Itulah yang disebut dengan “bokeh”.

Bokeh adalah istilah dalam fotografi yang artinya “mengaburkan”. Kata ini merupakan kata serapan dari bahasa Jepang.

Efek bokeh dihasilkan dengan cara memanipulasi keterbatasan yang ada pada lensa kamera dimana dalam settingan tertentu, lensa kamera hanya bisa fokus pada titik tertentu. Hasilnya adalah bagian yang terfokus akan tetap jelas dan detil, sedangkan sisanya akan menjadi kabur.

Penggunaan efek bokeh 

Membuat foto dengan background blur dilakukan biasanya karena beberapa sebab, seperti :

1. Fotografer ingin membuat Obyek lebih menonjol

Terkadang fotografer menemukan sebuah obyek menarik, tetapi di sekitarnya ada satu atau dua benda atau obyek lainnya yang mirip atau serupa.

Menampilkan ketiganya sama rata akan membuat perhatian yang melihat akan tidak fokus. Disitu biasanya sang fotografer akan memilih yang mana yang akan ditonjolkan dan kemudian membuat yang lain “kabur” aloas tidak jelas.

2. Fotografer ingin membuang latar belakang yang terlalu ramai

Prinsip standar para fotografer adalah KISS, Keep It Simple Stupid. Pelajaran mengatakan sebuah foto yang sederhana cenderung menghasilkan kesan lebih menarik dibandingkan yang terlalu “ramai”.

Selain itu bila background terlalu ramai juga, maka obyek yang seharusnya menjadi fokus menjadi kurang menonjol.

Inilah satu alasan lagi mengapa fotografer membuat foto dengan background blur, yaitu untuk membuang “bagian” yang “ramai”. Dengan begitu obyek utamanya menjadi lebih menonjol.

3. Membuat foto menjadi artistik

Sebenarnya efek bokeh lahir dari kesalahan, keterbatasan. Tetapi, ternyata hasil akhirnya justru menjadi lebih terkesan artistik dan berseni.

Oleh karena itu, banyak fotografer justru melakukannya dengan sengaja karena “bokeh” justru membuat foto menjadi lebih menarik.

Nah, itulah efek bokeh dan mengapa Anda mungkin menemukan banyak sekali foto dengan background blur.

Bukan karena ada masalah pada lensa atau sang fotografer kurang ahli menyetting kameranya. Justru sebaliknya, foto dengan latar belakang blur menunjukkan bahwa sang fotografer mengerti dengan baik tentang kamera dan tehniknya.

Buktinya ia bisa menghasilkan foto dengan bokeh. 

4 thoughts on “Apa Itu Bokeh ? MENGAPA membuat Foto dengan background blur?”

  1. Ciamik euyyyyy …, contoh foto bokeh peserta karnavalnya 👍

    Detil kostumnya terlihat jadi jelas.

    Aku lagi mempelajari gunakan efek bokeh pakai kamera ponsel, tapi belum pernah dapat fokus yang tepat 😁

    • Wisss.. belajar terus mas Him, cuma terus terang kalau pakai kamera smartphone agak ribeut untuk menghasilkan bokeh. Mayoritas dibuat dengan digital blur dan bukan optical blur.

      Kemampuan bokeh kamera ponsel pintar masih terbatas, kecuali mungkin smartphone kelas atas yang harganya juga harga dewa.

      Cuma kalau memang mau coba bokeh pake ponsel pintar ada tiga tips saja

      1. Perhatikan latar belakang (usakan sejauh mungkin)
      2. Obyek berada sedekat mungkin dengan kamera
      3. Pakai fitur Portrait atau Depth of Field

      Tergantung pada jenis kamera dan lensanya, biasanya bokeh bisa dihasilkan untuk obyek statis. Untuk obyek bergerak sih agak berat kalau pakai kamera smartphone, kecuali kita puas dengan bokeh ala digital alias digital blur

  2. Kalo kemaren itu, saking pengennya make efek bokeh padahal di henpon saya, mah efek ngeblurnya gak seberapa, jadilah akhirnya saya make aplikasi after focus, lumayan sih tapi ngeditnya itu jempol sampe keriting, itupun kalo pengen makin perfect musti di transfer lagi ke photoshop dan di poles lagi, ribet dah pokoknya Mas, 😂 dan untunglah fotonya terpilih untuk tema harian. Lumayan jadi penyemangat belajar (Meskipun masih tetep ngarep punya kamera beneran).😅😁

    • Hahaha… padahal nggak usah begitu mbak.. Bisa pake GIMP saja.. nanti blurnya bisa ditambahkan langsung setelah foto jadi. Tidak perlu berkali kali.. bisa langsung diedit saja disana…

      Mending beli kamera mbak.. bisa sekalian berlatih #ngeracunin

Comments are closed.